Artikel

Mengenal Lebih Dekat Kajian Ilmu Falak (KAFA) Pesantren Fathul Ulum

       Ilmu falak merupakan khazanah keilmuan islam warisan salafu al-sholih yang harus senantiasa dilestarikan serta dikembangkan, itulah salah satu alasan yang mendasari mengapa ilmu falak masih terus diajarkan di Pesantren Fathul Ulum Kwagean.

       Selain alasan di atas, bagi Pesantren Fathul Ulum, ilmu falak dianggap menjadi sebuah ilmu yang sangat penting, sebab ilmu ini sangat erat kaitannya dengan kepentingan ubudiyyah sehari hari umat islam.

       Dalam rangka mengembangkan ilmu falak Pesantren Fathul Ulum Kwagean menyelenggarakan pembelajaran dengan sistem klasikal atau pembelajaran di kelas, ilmu falak diajarkan kepada santri Madrasah Diniyyah Futuhiyyah kelas 1 Aliyyah satu minggu 1 kali. Pembelajaran ilmu falak dilakukan dengan metode klasik, yaitu dengan menggunakan kitab Durusul Falakiyyah dan kitab Fathul Rouf sebagai pedoman.

       Berdasarkan kitab Durusul Falakiyyah pembelajaran ilmu falak difokuskan  pada  perhitungan awal waktu sholat dan arah kiblat. Sedangkan perhitungan gerhana dan awal bulan hijriah  pembelajaran menggunakan metode kitab Fathul Rouf Al-Mannan.

       Untuk wadah pengembangan ilmu falak saat ini di Pesantren Fathul Ulum Kwagean  mempunyai tim kajian falakiyyah untuk memberikan ruang bagi santri yang ingin memperdalam ilmu falak. Dalam kajian tersebut para santri diberikan pembelajaran praktik untuk mengaplikasikan perhitungan yang sudah dipelajari di dalam kelas. seperti praktik mencari arah kiblat, cara menggunakan rubu’ mujayyab, cara mengoperasikan kalkulator scientific dan rukyah hilal di setiap awal bulan hijriah.

       Tugas tim kajian falakiyyah sendiri adalah menerbitkan kalender Pondok Pesantren Fathul Ulum Kwagean, menerbitkan modul kursus ilmu falak serta melakukan hisab  dan rukyah awal bulan Ramadhan juga Syawal di pondok pesantren. Adapun kegiatan lebih jelasnya sebagai berikut :

Jenis KegiatanWaktu Pelaksanaan
Ru’yah Awal BulanSetiap Akhir Bulan Hijriyah
Kursus Hisab Awal BulanPertengahan Bulan Dzulhijah
Kursus EphimerisAkhir Bulan Rabi’ul Awwal
Kursus Arah KiblatKondisional
Penggarapan KalenderKondisional
Praktek LapanganKondisional

       Dibalik semangat yang begitu tinggi dalam mengembangkan ilmu falak tersebut. Tersimpan sebuah harapan, kelak dikemudian hari para lulusan Pesantren Fathul Ulum mampu mengisi di semua lini masyarakat tak terkecuali di bidang Falak –astronomi-, mengigat begitu pentingnya ilmu tersebut sebagai salah satu pijakan untuk mengetahui waktu sholat dan ibadah lainnya.

 

-Kafa (Kajian Falakiyyah) Pesantren Fathul Ulum Kwagean

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Close