Tulisan Bebas

Do’a Penghapus Dosa Dalam Suatu Majlis

     Sebagai makhluk sosial, manusia tentunya tidak luput dari saling bercengkrama dan berkumpul bersama. Namun, tentunya disitu akan terjadi berbagai macam keadaan tidak terkecuali terjadinya sebuah kesalahan. Oleh sebab itu mengetahui cara melebur kesalahan tersebut merupakan sebuah keharusan. Nabi Muhammad  Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam sendiri mengajarkan kepada kita untuk berdo’a sebelum beranjak dari sebuah majelis pertemuan. Diriwayatkan dari sahabat Turmudzi bahwasannya Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam pernah bersabda

مَنْ جَلَسَ في مَجْلِسٍ وَكَثُرَ فِيهِ لغَطُهُ فَقَالَ قَبلَ أَنْ يَقومَ مِن مَجلسِهِ ذالك {سُبحانَكَ اللهُمّ وَبِحَمدِكَ أشْهَدُ أنْ لا إله إلاّ أنتَ أَسْتَغفِرُكَ وأتُوبُ إلَيك} إلاّ غَفَر الله له ماكان في مَجلِسِ ذَلك.

Maknanya : “ Barangsiapa duduk dalam sebuah majlis dan disitu terjadi banyak keramaian kemudian dia berdo’a sebelum beranjak dari tempat duduknya tadi (Maha suci engkau Duhai Allah dengan segala puji teruntuk Engkau. Saya bersaksi bahwasannya tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali hanya engkau. Saya meminta ampun dan bertaubat kepada-Mu Ya Allah). Maka Allah akan menghapus segala kesalahan yang terjadi dalam pertemuan tadi.”

 

Semoga kita bisa mengamalkannya Aamiin.

Dikutib dari kitab Nashoihul ‘Ibad. Hal 71.

 

 

Tim Kaiffa.

 

Facebook Comments

Tampilkan Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close