Asma' ArthoKwagean Kita

Maulid Nabi Muhammad saw. Dan Asma Arto

Sudah menjadi agenda rutin bahwa setiap bulan 12 Rabi’ul Awwal 1440 H. Pondok Pesantren Fathul Ulum pasti memperingati hari besar Islam, Maulid Nabi Muhammad saw. sekaligus menggelar agenda rutinan tiap tahun yakni Asma’ Artho yang tahun ini bertepatan pada jumat malam sabtu 08 Nopember 2019.

Alhamdulillah, Acara Maulid Nabi Muhammad saw. dan Asma’ Arto tetap berlangsung lancar hingga selesai, meskipun pada jumat siang setelah shalat jumaat sempat diguyur hujan sebentar. Uniknya, hujan pada saat ini adalah hujan pertama setelah musim kemarau panjang melanda daerah kwagean dan sekitarnya, sehingga bisa dibilang hujan ini adalah hambatan kecil bagi terselenggaranya acara namun menumbuhkan berkah setiap tetesnya bagi bumi yang kering, seolah bumi ikut bergembira merayakan hari kelahiran Nabi agung Muhammad saw.

Pada malam harinya, yakni malam sabtu, Acara pembacaan Maulid al-Barzanjiy dan Maulid ad- Diba’i dilangsungkan didalam serambi Masjid al-Arif kwagean dan dipimpin langsung oleh Romo KH Abdul Hannan Ma’sum, dan selesai sekitar 23.20 WIB, kemudian dilanjutkan proses pengasma’an barang – barang yang telah dipersiapkan, prosesi pengasma’an tersebut berada dalam Ndalem Kyai yang juga dipimpin langsung oleh beliau serta para tenaga khusus, dan prosesi tersebut selesai  sekitar pukul 02.30 WIB.

Tidak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, namun kali ini pesertanya lebih banyak.  para peserta Asma’ Arto ini datang dari berbagai penjuru. Ada yang datang dari Jawa Barat, seperti: Majalengka, Banten, dan sekitarnya, ada juga peserta dari jawa tengah seperti solo dan sekitar, pastinya peserta lebih didominasi oleh orang Jawa Timuran.

Facebook Comments

Tampilkan Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close