ArtikelKwagean Kita

Bimbingan Manasik Haji dan Umroh 2019 M.

 

لبّيك اللهمّ لبّيك..  لبّك لاشريك لك لبّيك.. إنّ الحمد والنّعمة لك والملك لا شريك لك   

Gema talbiyah berkumandang di bumi kwagean. Tepatnya, pada jum’at malam hingga minggu malam tanggal 4 s/d 6 januari 2019. Acara Bimbingan Manasik Haji dan Umroh dibuka dengan bacaan talbiyah sebanyak 3x di pimpin langsung oleh beliau  Romo Kyai Abdul Hannan Ma’sum dan di tirukan serentak oleh seluruh santri kwagean, baik putra maupun putri.

Ibadah haji adalah ibadah yang sangat berbeda dengan ibadah-ibadah lain dalam pelaksanaannya. Oleh karenanya tata cara ibadah haji mulai dari perjalanan, rukun, dan sunah-sunahnya sangatlah penting untuk di pelajari dan difahami, agar ibadah haji yang kita lakukan sesuai dengan yang di atur oleh syaria’at.

Mengingat hal yang demikian itu maka pondok Pesantren Fathul Ulum mengadakan bimbingan Manasik haji dan Umroh pada setiap tahunnya. Karena, masih banyak di kalangan jama’ah haji kita kususnya, dan kaum muslimin pada umumnya, berangkat menunaikan ibadah haji tanpa di bekali ilmu yang cukup serta pembimbing yang sungguh-sungguh menguasai permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan ibadah haji.

Dengan beberapa santri sebagai contoh praktek (peraga) ibadah haji dan umroh, beliau Romo Kyai Abdul Hannan Ma’sum selaku pembimbing pada malam hari itu menjelaskan berbagai hal, dari cara melilitkan kain ihram pada badan muhrim (orang yang ihram), melempar jumrah, thowaf, hingga sa’i.

untuk mempermudah penjelasan kepada para santri. Penyelenggara acara (majroh fathul falah) telah menyiapkan Beberapa alat peraga, Seperti Ka’bah mini, Maqam Ibrahim, dan Hijr Ismail. Juga Beberapa tempat lainnya seperti tempat melempar jumrah.

Bimbingan manasik haji ini, Selain untuk mengenalkan kepada para santri bagaimana ibadah haji diwujudkan, acara ini juga sebagai bekal bagi mereka yang mendambakan berkunjung ke baitullah.

(Kaiffa.)

Facebook Comments

Tampilkan Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga

Close
Close