Kwagean KitaTulisan Bebas

Kwagean Gelar Qunut Nazilah

Jumat (12/10/2018) siang, jamaah jumat masjid Al-arif kwagean menggelar doa Qunut nazilah. Romo K.H Abdul Hannan Mas’um, sebelum khutbah menjelaskan, Qunut Nazilah ini di lakukan atas instruksi dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). PBNU menginstruksikan warga NU untuk membacakan qunut nazilah,  Merespon atas kejadian bencana alam yang menimpa negeri belakangan ini.(www.nu.or.id).

Qunut nazilah adalah Qunut yang dibaca pada shalat fardlu ketika umat islam menghadapi bahaya, wabah penyakit, bencana atau tantangan dari orang kafir. Qunut nazilah dilakukan diselain shalat subuh dan witir pada pertengahan akhir bulan Ramadan.  Qunut nazilah hanya dilakukan ketika shalat Fardlu, tidak dilakukan pada shalat sunah.

Selain itu, dalam penjelasannya, Romo K.H Abdul Hannan Ma’sum membacakan lafad doa Qunut nazilah dan artinya, serta menerangkan tata cara melaksanakan Qunut Nazilah.

Tata cara Qunut nazilah sama seperti  Qunut pada shalat Shubuh, kedua tangan diangkat setinggi pundak. Kedua telapak tangan ditengadahkan ke arah langit (atas) ketika bencana belum ditimpakan. Dan membalik telapak tangan ketika bencana sudah terjadi.

Qunut nazilah di kwagean sendiri, merupakan pertama kalinya di gelar  yang mana sebelumnya belum pernah di lakukan.(kaiffa)

Facebook Comments

Tampilkan Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close