SEMINAR GURU

              2Pembahasan mengenai Ustadz selalu menarik, karena ia adalah bagian tak terpisahkan dari kunci kesuksesan untuk mewujudkan visi-misi pendidikan Pesantren/Madrasah. Artinya, jika Ustadz sukses dalam mentransformasikan ilmunya, maka kemungkinan besar santri-santrinya akan sukses pula.

                Demikianlah kutipan dari bapak Ibnu Sonan dari Jombang, selaku Narasumber seminar pada kamis malam Jum’at 9 Februari 2017 kemarin. Pembahasannya mengenai ruang lingkup ajar mengajar dalam dunia Pesantren, akan tetapi sasaran lebih mengarah kepada para Ustadznya. Karena dalam segi pendidikan Pesantren, Ustadz mempunyai peran lebih kuat untuk menjadikan anak-anak didik mereka sebagai santri yang berkualitas, baik dan mumpuni.

4

                  Dalam mewujudkan VISI-MISI yakni “Berkualitas dalam berilmu, beramal, berakhlak mulia, berwawasan luas, mandiri dan disiplin”, Pesantren Fathul Ulum menggelar Seminar Guru, yang berlokasi dalam gedung Madrasah Putri lantai dua. acara ini dihadiri oleh seluruh Dewan Asatidz dan Ustadat dari Madrasah Diniyah Futuhiyah, Madrasah Quraniyah Futuhiyah, al-Anwariyah, Pondok An-Nur Fathul Ulum, Madrasah Ibtida’iyah, TK Kusuma Mulia. Acara dimulai pukul 10 Wis dan usai pada pukul 11.30 WIS. Dan susunan acaranya dimulai dengan pembukaan, sambutan-sambutan, kemudian inti seminar, ditambah dengan tanya jawab, kemudian sebelum doa penutup, Romo KH Abdul Hannan Ma’sum memberikan Mauidzah Hasanah. Dan beliau berpesan kepada seluruh Dewan Ustadz agar kedisiplinan dimulai terlebih dahulu dari para Ustadznya, bila para Ustadz telah disiplin dalam mengajar maka para murid akan disiplin dengan sendirinya, karena mereka akan meniru apa yang telah dilakukan oleh guru-gurunya.

                bunga-007AAUstadz merupakan instrumen inti untuk mewujudkan visi-misi lembaga pendidikan. Artinya Ustadz adalah orang yang paling terdepan, sebagai ujung tombak dalam menerjemahkan visi-misi pendidikan Pesantren. Betapa pentingnya seorang Ustadz dalam belajar, Ustadz lah yang membimbing, sebagai sumber belajar, Pengelola, Pembimbing, juga sebagai Motivator bagi para muridnya. Maka sebuah kewajiban bagi Ustadz memahami kedalaman muatan kurikulum Pesantren yang salah satunya tertuang dalam Standar Kompetensi Lulusan, kopetensi inti dan kompetensi dasar.

1

               Untuk itu Pesantren Fathul Ulum selalu berupaya bagaimana agar kualitas para Santri semakin lama semakin mempunyai Sumber Daya Manusia yang tinggi, mumpuni, dan multitalen dan siap pakai di kala telah berjuang di tengah-tengan masyarakat. Rencana pendidikan tahun-tahun ke depan, akan menyelenggarakan seminar seperti ini satu atau dua kali dalam setahun….

 

 

TIM KAIFFA

Kwagean, Jum’at 9 Februari 2017

 

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: