FAIDAH-FAIDAH BISMILLAH

                       Sebagai kaum Muslim sudah pasti telah hafal kalimat “Bismillahirrahmanirrahim”, Rasullulah melalui hadits-haditsnya telah mengajarkan kepada umatnya agar ketika akan mengerjakan suatu pekerjaan hendaklah mengawalinya dengan membaca Basmalah. Dan untuk kali ini Tim Kaiffa akan menyajikan keterangan tentang faidah-faidah membaca bismillah yang diambil dari kitab Khazinatul Asror, yaitu kitab Thib yang fenomenal dan tak asing lagi bagi para pecinta ilmu-ilmu hikmah.

                Dewasa kini kitab kuning jarang diminati dan dipelajari oleh masyarakat, disebabkan sulitnya mempelajari suatu ilmu yang diserap langsung dari kitap kuning. Namun, kini kitab-kitab kuning telah banyak diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, hal ini sangatlah membantu bagi kaum Muslimin yang kurang mampu memahami kitab kuning untuk menyerap suatu ilmu.

                Diterangkan dari kitab Khazinatul Asror;

(أَخْرَجَ) الدَّارُقُطْنِي عَنْ اِبْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ كَانَ جِبْرِيْلُ اِذَاجَائَنِيْ بِاْلوَحْيِ أَوَّلُ مَا يُلْقِي عَلَيَّ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ

“Diriwayatkan dari Imam Daruqutni dari Ibnu Umar R.A bahwa Rasullulah SAW berkata : Jibril ketika datang kepadaku dengan membawa wahyu, sesuatu yang pertama kali diajarkankan kepadaku adalah Bismillahirrahmanirrahim”.

 

(أَخْرَجَ) أَبُو الشَّيْخِ عَنْ صَفْوَانَ بِنْ سَلِيْمٍ قَالَ الجِنُّ يَسْتَعْمِلُوْنَ مَتَاعَ اْلإِنْسِ وَثِيَابَهُمْ فَمَنْ أَخَذَ مِنْكُمْ ثَوْبًا أَوْ وَضَعَهُ فَلْيَقُلْ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَحِيْمِ فَإنَّ اسْمَ اللهِ طَابِعٌ

Diriwayatkan dari Abu Syeikh dari Shofwan bin Salim, bahwa Jin itu memakai perhiasan dan pakaian manusia, maka barang siapa akan mengambil pakaian atau meletakkannya hendaklah membaca Bismillahirrahmanirrahim, dikarnakan nama Allah (Ismulloh) itu membingungkan jin” 

             Barang siapa istiqomah membaca Bismillahirrahmanirrahim dengan jumlah angka hitungan (Abajadun) yakni sebanyak 787 kali dengan niat yang bersih bertujuan untuk memperoleh sesuatu yang penting karena mencari ridha Allah, atau berniat untuk menghilangkan bahaya dari para musuh dan orang-orang Zhalim, atau juga bertujuan untuk mencari untung, maka Allah akan memberikan keuntungan baginya dan tercapailah apa yang ia inginkan berkat Bismillahirrahmanirrahim.

             Barang siapa istiqomah membaca Bismillahirrahmanirrahim setelah shalat shubuh berturut-turut hingga 40 kali subuh dengan hitungan sebanyak 2500 kali basmalah dengan I’tiqad yang benar, maka Allah akan membukakan pintu hatinya dari alam ghaib, ilmu ladunni dan beberapa rahasia.

            Barang siapa istiqamah membaca Bismillahirrahmanirrahim setiap hari sebanyak 1000 kali, maka Allah akan mengabulkan hajatnya dengan cara yang mudah, baik di dunia maupun di akhirat.

                Nabi berkata: tidaklah ditolak suatu doa yang diawali dengan membaca Bismillahirrahmanirrahim

                Barang siapa menulis Bismillahirrahmanirrahim sebanyak 35 kali pada kertas dan menggantungkannya di dalam sebuah rumah, maka setan, jin tidak akan mau memasuki rumah tersebut, serta rumah tersebut akan menjadi banyak barokahnya.

                Barang siapa menulis Bismillahirrahmanirrahim sebanyak 21 kali dan mengalungkannya kepada anak kecil yang sering menangis di saat tidur (jawa: purik) maka anak tersebut akan sembuh dari hal tersebut.

                Dan tentunya masih banyak lagi keterangan faidah-faidah Bismillah yang tidak kami muat. Hal demikian merupakan amalan-amalan yang sudah pernah diuji coba oleh Ulama terdahulu, hingga mereka menulis keterangan-keterangan faidah tersebut dengan tujuan agar dapat diambil manfaatnya (diamalkan) oleh orang-orang di kemudian nanti. Dan janganlah ragu akan tercapainya suatu cita-cita, karena kita mempunyai Tuhan, Ia lah sasaran untuk mengadu dan memanjatkan doa, dan semua amalan-amalan tersebut hanyalah sebagai wasilah, yang berhak mengabulkan hanyalah Allah SWT. Semoga kita termasuk dari golongan orang-orang yang shalih, amin….

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: