Manasik Haji Kwagean 2016

Sebagai bentuk pengajaran ilmu, Pesantren Fathul ‘Ulum Kwagean selain mengajarkan materi-materi dari sebuah kitab juga mencoba memberikan sebuah kefahaman dengan praktek, salah satunya mengenai bab Haji. Seluruh santri diwajibkan mengikuti kegiatan rutin yang diagendakan tiap tahunnya, yang dikordinasi oleh Majroh Fathul Falah yaitu lembaga dibawah naungan Pondok Putra Fathul ‘Ulum yang dipimpin langsung oleh pengasuh Romo KH. Abdul Hannan Ma’shum.

 

Kegiatan tersebut berlangsung tiap ba’da isya selama tiga hari sejak tanggal 7 sampai 9 februari 2016. Seluruh santri baik putra maupun putri diwajibkan memahami rangkaian ibadah haji dan esensi makna tatkala menunaikan rukun Islam yang kelima itu. Bahwa calon jamaah haji hendaknya mengetahui situasi dan kondisi sekitar Masjidil Haram atau Masjid Nabawi serta tempat-tempat yang dijadikan pelaksanaan haji.

 

Haji merupakan rukun islam yang kelima maka untuk menjalaninya perlu sebuah bimbingan yang matang agar para hajinya menjadi mabrur. Pada acara itu tepatnya di halaman samping Masjid atau depan Ndalem Romo Kyai yang mana adalah tempat inti bimbibgan manasik, juga dibuatkan sebuah simulasi-simulasi penting untuk mempermudah pengajaran, seperti sebuah kakbah, hajar aswad, arafah, sofa, marwa, tempat lempar jumrah, miqot dan sebagainya. Para  peraganya adalah beberapa santri putra yang diambil dari kilatan dan tarbiah.

 

ibadah haji adalah perjalanan spritiual umat Islam untuk memenuhi panggilan Allah SWT memlaui Malaikat Jibril. Karena itu, untuk datang ke Baitullah, calon haji memerlukan bekal ruhani, seperti niat yang suci (keikhlasan), kesabaran, kesucian dari dosa, ketaatan dan kesungguhan serta kemauan untuk beribadah selama di tanah suci. Tentunya, bekal yang sangat diperlukan adalah bekal tentang pengetahuan ibadah Manasik Haji dan Umrah.

 

Para peserta manasik haji sebenarnya bukan hanya untuk kalangan santri saja namun juga untuk masyarakat sekitar atau masyarakat umum, agar dapat bersama-sama memahami haji yang baik dan benar secara syariat. Karena ibadah haji hukumnya wajib bagi semua umat islam, wajib dilakukan seumur hidup sekali ketika sudah mampu.

 

IMG_3108 copyIMG_9625IMG_9561IMG_3188IMG_9579IMG_9580IMG_9612IMG_9692IMG_9696IMG_9698IMG_9700IMG_9623IMG_9722IMG_9725IMG_9732IMG_9738IMG_3137

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: