ASSYIQUL MUSTHOFA

KEGIATAN RUTINAN SHOLAWAT BA’DA JUMAT

1

Jum’at kemaren tepatnya tanggal 27 pebruari setelah sholat jumat, jam’iyah Assyiqul Musthofa atau lebih tepatnya jam’iyah yang menangani rebana di pondok kwagean mengadakan kegiatan simtudduror. Kegiatan simtudduror ini adalah kegiatan membaca nasor dan sholawat yang di laksanakan oleh seluruh asrama pondok putra, dan ditambah pondok An – Nur tanpa ada tuntutan wajib mengikuti.

Pukul 13.30 seluruh persiapan mulai sound sampai seluruh alat rebana telah tertata rapih di musholla jati mas, walau tampak balutan mendung yang siap mengucurkan air hujannya, namun antusias santri untuk mengikuti kegiatan ini ternyata tak tergoyahkan hanya karna ancaman hujan yang membasahi baju serta lokasi acara yang diluar lokasi pondok induk.

Rasa cinta terhadap nabi memang menjadikan semangat tersendiri untuk mengungkapkannya. Sekitar delapan puluh santri mengikuti kegiatan ini dengan mayoritas memakai balutan baju berwarna putih. Dengan diiringi music rebana serta guyurann hujan yang semakin lama semakin deras pukul 14.00 wis kegiatan simtudduror akhirnya dimulai walau kenyataannya belum semua santri hadir. Kegiatan yang sejatinya sudah dijadwal dengan petugas dari perwakilan seluruh asrama ini ternyata tidak berjalan sesuai rencana, yang tadinya asrama kilatan mendapat giliran awal namun karena terkendala keterlambatan akibat hujan akhirnya asrama asrama tarbiyah banyak yang mendominasi pembukaan kegiatan ini. Meskipun demikian pada akhirnya santri kilatan dan tarbiyah mampu menampilkan karakter rebana yang dimiliki tiap tiap asrama, lebih lebih pada acara kemaren ternyata santri asrama g atas dengan alat rebana yang baru dibelinya mampu membawa warna baru dengan jenis permainan music yang berbeda dari seluruh jenis music yang sudah ada di pondok kwagean. Dari tampilan tersebut nampaknya pengurus assyiqul musthofa Nampak antusias dan lebih semangat untuk mencari aliran music baru dan bagus dari seluruh asrama.

Rangkaian acara Assyiqul Musthofa akhirnya berakhir dengan penutup do’a dari ustadz sholihin yang merupakan perwakilan dari MADIN Futuhiyyah. Dengan penuh khidmah seluruh jamaah menutup kegiatan tersebut.

2

Berikut profil tentang Assyiqul Musthofa

Assyiqul Musthofa adalah suatu jam’iyyah yang ada di pondok pesantren fathul ‘ulum, Kwagean yang bergerak dalam bidang seni sholawat rebana,yang menangani seluruh rebana yang ada di pondok kwagean. Untuk sementara Musholla Jati Mas merupakan base camp paling realistis bagi jam’iyyah yang baru berdiri tanggal 14 Januari 2015.

Struktur kepengurusan Assyiqul Musthofa :

  • Penasehat : KABID PENDIDIKAN
  • Pembimbing : PONDOK PUTRA
  • Pengurus :

*Ketua             *Wakil Ketua              *Sekretaris                  *Bendahara

A N G G O T A

Program Umum:

   Mengadakan Pelatihan Rebana Dan Kegiatan Rutinan Simtud Duror

 

Beberapa Kegiatan awal Assyiqul Musthofa diantaranya adalah

  1. Setiap jum’at kliwon mengadakan pelatihan rebana dan diproyeksikan untuk kegiatan simtudduror gabungan.
  2. Setiap jum’at pahing mengadakan kegiatan simtudduror yang seluruh petugas dan peserta diambil dari seluruh asrama santri putra tarbiyah, kilatan dan ditambah pondok yang menangani khusus santri formal (Pondok An- Nur Fathul ‘Ulum).
  3. Bertanggung jawab atas seluruh pelatihan rebana yang ada di seluruh asrama di pondok putra dan siap memberikan pelatihan rebana untuk seluruh santri.

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: