LIPUTAN IJAZAH KUBRO 2014

IJAZAH KUBRO KE-20 KWAGEAN

Al-Mujiz : Romo KH. Abdul Hannan Ma’shum

 Gerbang ngarep

Dengan iringan rasa syukur kepada Alloh Yang Maha Kuasa, Alhamdulillah akhirnya pelaksanaan Ijazah Kubro telah berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan, sebagai bukti dari rasa terimakasih kami dan obat rindu bagi para alumni Pondok Kwagean. Inilah dokumentasi acara kegiatan Ijazah kubro ke-20 Pesantren Fathul Ulum Kwagean.

Acara yang merupakan Agenda tahunan pesantren Fathul ‘Ulum Kwagean ini, telah selesai dilaksanakan pada kemarin malam, yaitu tepatnya hari kamis malam jum’at 4 desember 2014. Moment penting dan sangat dinanti berbagai halayak insani ini merupakan kegiatan penting dengan Maksud Dan Tujuan yang mulia, diantaranya yaitu ; Memperkuat / mempertebal iman kepada Alloh (Taqorrub Ilalloh), Kaderisasi Generasi Muslim dalam keilmuwan, Menggali dan berijtihad kepada Ulama` Salaf, Penggalangan dana untuk pesantren dalam hal pembangunan sarana prasarana penunjang kegiatan santri kwagean.

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, menurut sebagian pengakuan dari bapak-bapak pengurus harian mengatakan bahwa “volume pengunjung acara malam ini (malam acara Ijazah kubro, red.) lebih banyak dan lebih meriah”. Ya, memang tidak dipungkiri, sudah dari dahulu kala, usaha publikasi dan jerih payah bapak pengurus dalam mensukseskan acara vital ini tidak hanya dari usaha dhohir saja, tetapi juga peranan do’a bersama lewat mujahadah Khas Ala Kwagean dari Romo Kyai Abdul Hannan Ma’shum tidak akan pernah teralakkan dari moment penting seperti ini.

Mentari pagi pada hari kamis Alhamdulillah mulai menampakkan sinarnya, sehingga memberikan supplement energy khusus bagi pelaksana untuk bersemangat mempersiapkan sarana-prasarana acara sesuai dengan job kerja masing-masing, mulai dari bagian Pendaftaran, Dekorasi tempat acara, Konsumsi, dan lain sebagainya. Menjelang senja hari, meskipun diselimuti awan hitam dan sempat pula gerimis tidak menyulutkan keinginan para pengunjung untuk berduyun-duyun dating ke Pondok kwagean tercinta ini. Tidak hanya dari para santri yang mengikuti event ini, para alumni, masyarakat sekitar kwagean, orang khos, orang ‘aam dan kemajemukan masyarakat keseluruhan juga ikut berpartisipasi dan khidmat mengikuti acara ijazah kubro ini.

Untuk dana operasional kegiatan ini, di tanggung penuh oleh pesantren dengan mengajukan estimasi anggaran dari hasil rapat pengurus harian acara tersebut yang diangkat oleh pesantren. untuk pembiayaan acara Ijazah Kubro pada tahun kemarin atau tahun 1435 H estimasinya adalah Rp 19.848.000 (Sembilan belas juta delapan ratus empatpuluh delapan ribu rupiah).

Sedangkan untuk rangkaian acara pada acara ini adalah :

NO
W A K T U
A C A R A
20.15 – 20.30 WIS Pembukaan
20.30 – 20.45 WIS Pembacaan Ayat – Ayat Al Qur’an
20.45 – 21.00 WIS Sambutan Panitia
21.00 – 21.45 WIS Pembacaan Dalailul Khoirot
21.45 – 23.00 WIS Pembacaan Talqin Ijazah dan Faedah
23.00 – Selesai Prosesi Ijazah
Penutup / Do’a

 

Demikian, secuil laporan dari agenda akbar pesantren Fathul ‘Ulum tercinta ini, semoga bentuk acara yang sangat bermanfa’at ini dapat terus lestari hingga anak cucu kita nanti tetap bias menikmati hazanah khas kwagean ini. Terimakasih.

@ Redaksi_Kwagean

Tinggalkan Komentar

5 tanggapan untuk “LIPUTAN IJAZAH KUBRO 2014

  • Juni 17, 2015 pada 5:29 am
    Permalink

    apakah bisa pemesanan kitab

    Balas
    • Juli 9, 2015 pada 9:33 pm
      Permalink

      bisa pak.. hub no. koprasi 085733584500

      Balas
  • September 28, 2015 pada 2:49 am
    Permalink

    mohon informasi, kegiatan ijazah kubra tahun 2015 dilaksanakan kapan???. syukron

    Balas
  • Juni 9, 2016 pada 11:04 am
    Permalink

    Mohon informasi ijazah qubro 2016, dilaksanakan kapan? Trims

    Balas
    • Oktober 11, 2016 pada 1:44 am
      Permalink

      Njeh mas, Alhamdulillah untuk Ijazah Kubronya tahun 2016 ini sdah kami Post kan.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: