NGAJI SELASA SORE#Dasar & Pokok Iman

Maqalah yang ke enam belas…

                Diceritakan oleh sebagian Ulama Ahli Hikmah; “ Bahwa tanda-tanda Iman itu ada empat “, yakni;

  • Taqwa, Yang dikehendaki dari taqwa dalam segi ta’at adalah ikhlas. Sedangkan taqwa dalam segi menghadapi maksiat ialah berupa meninggalkan maksiat tersebut dan takut apabila melakukannya.
  • Malu, malu itu ada dua macam, yakni malu yang berasal dari hati (malu yang diciptakan oleh Allah SWT, yang diletakkan di dalam hati), sebagai contohnya ialah,; malu karena terbukanya aurat dan malu bila melakukan hubungan intim (jima’) di hadapan orang lain. Yang kedua ialah malu yang berupa iman, sebagai contohnya ialah mencegah orang mukmin dari terjerumus melakukan maksiat karena takut dengan Allah SWT.
  • SYUKUR, yakni memuji orang-orang yang berbuat kebaikan dengan menyebut-nyebut kebaikan yang telah mereka lakukan. Seorang hamba yang bersyukur kepada Allah maka ia memuji  Allah dengan menyebut-nyebut anugrah yang telah Allah berikan.
  • SABAR, sabar di sini berupa tidak mengeluhkan pedihnya cobaan yang ia alami kepada selain Allah SWT. Sebaiknya kita berdoa dengan menggunakan doa yang telah diajarkan oleh nabi KHiddir kepada syeh Tamim ad-Daari bin Habib sepulangnya beliau dari alam ghaib karena diculik oleh bangsa Jin. Dan doanya berupa;….

Diriwayatkan dari Hadits Nabi SAW, bahwa beliau berkata; “ Pokok dari Iman itu ada 4 perkara;

Yakni…

 روى أنه  صلى الله عليه وسلم قال: ذروة الإيمان أربع خلال: الصبر والرضا بالقدر والإخلاص للتوكل والإستسلام للرب * رواه ابو نعيم

  • Sabar terhadap hukum-hukum Allah SWT.
  • Ridho dengan kepastian hokum Allah SWT.
  • Ikhlas karena percaya kepada Allah SWT.
  • Berpasrah diri kepada Allah SWT.

 Maqalah yang ke tujuh belas….

                Nabi berkata; dasar suatu perkara itu ada empat, yaitu:

Adapun pokok (Dasar) obat-obatan ialah bagian yang bisa digunakan untuk mengobati….

  • Dasar dari tata karma adalah mengetahui hal yang bertujuan untuk menjaga diri dari melakukan berbagai kesalahan.
  • Dasar Ibadat ialah tidak mengikuti hawa nafsu karena memuliakan Tuhannya.
  • Dan dasar dari sebuah angan-angan ialah mengira-ngira hasilnya sesuatu yang tidak dapat tercapai, atau sesuatu yang kemungkinan dapat tercapai.
  • Adapun pokok obat-obatan ialah sedikitnya makan, karena meninggalkan makanan yang membahayakan lebih baik dari pada mengkonsumsi obat.

Dasar tata krama adalah meminimalisir ucapan. Adapun banyak bicara itu dapat melebur tata karma. Pokok ibadah adalah sedikitnya melakukan ibadah, maka dosa-dosa yang telah dilakukan itu dapat melubur amal ibadah. Dan pokok dari angan-angan adalah kesabaran. Sabar disini adalah menjaga hati jangan sampai mengeluh, sabar itu lebih pahit dari pada pohon yang pait (brutho wali). Ada sebuah ungkapan “ Dengan Sabar suatu harapan dapat terwujud, dan dengan Taqwa besi yang keras pun bisa menjadi lunak”.

Maqalah yang ke delapan belas…

Nabi Muhammad bersabda ; “ Terdapat empat mutiara yang menjadi pakaian (karakter ). terdapat empat mutiara yang tersimpan  di dalam tubuh Anak Adam. Mutiara tersebut berupa akal.  Akal merupakan suatu mutiara Ruhaniyah diciptankan oleh Allah SWT yang melekat di dalam tubuh manusia. Mutiara yang kedua ialah berupa Agama. Yang dikehendaki dengan agama tersebut ialah suatu hal yang mendorong insan yang berakal  agar dapat menerima perkara yang terdapat dalam diri  Rasulillah, yakni berupa sifat malu, dan beramal shalih dengan ikhlas.

 sedangkan amarah itu dapat menghilangkan akal sehat. Akal merupakan suatu Nur (cahaya di dalam hati, dengan cahaya tersebut, perkara yang benar dan yang salah dapat di ketahui ). Terdapat hadist Nabi yang berbunyi ‘’wahai sahabat Muawiyah! Takutlah engkau terdapat amarah, karena amarah dapat merusak iman, seperti halnya pohon yang pait (Butro wali Red;jawa) merusak madu ”.  H.R Baihaqi.

NASHOIHUL ‘IBAD

KWAGEAN, TIM KAIFFA , 7 FEBRUARI 2017

facebooktwittergoogle_plusmail

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *