BIMBINGAN MANASIK HAJI 2017

 

‘’LABBAIKA ALLOHUMA LABBAIK…. LAA SYARIKALAKALA BAIK…. INNAL HAMDA WANNI’MATA LAKA WAL MULK… LAA SYARIKA LAK…. ‘’

            Diawali gema Talbiyah alhamdulillah acara rutinan Bimbingan Manasik Haji tahun ini telah terlaksana dengan meriah seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni bertepatan pada malam hari ahad hingga malam selasa tanggal 23 hingga 25 Januari 2017.

esasa

                Walau para santri merasa agak bingung dengan cara praktiknya, karena mereka belum pernah naik haji sebelumnya, apa lagi untuk santri baru yang sebelumnya belum pernah mengikuti acara seperti ini tapi mereka sangatlah antusias menyaksikan para peraga manasik kali ini,. masih seperti tahun-tahun lalu, manasik ini dibimbing langsung oleh Romo Kyai. Namun yang agak berbeda dengan tahun sebelumnya yaitu lokasi peletakan untuk Lempar Jamroh agak lebih kedepan tepat berada di sebelah selatan buah Tin, namun untuk peletakan Hajar Aswad tetap persis di depan Ndalem Kyai. Dan kali ini bimbingan manasik dijadikan dokumentasi berupa hasil video shooting guna mempermudah mengingat dan memperaktikan ulang dengan meniru hasil rekaman video tersebut.

ghgh

vbvbvb

rtrtr

yhyhy

Kali ini Tim Kaiffa tidak dapat memposting materi bimbingan manasik ini, dikarenakan filenya terlalu panjang. Para peraga manasik dibimbing langsung untuk ber-thawaf mengelilingi hajar aswad dengan cara yang benar, karena kebanyakan para jama’ah haji ketika melakukan thawaf banyak melakukan kesalahan, untuk itu para santri dibimbing secara benar baik dalam melaksanakan thawaf, sa’i, atau melempar jamroh, baik itu yang merupakan rukun-rukun atau sunah-sunahnya. Sangatlah penting bimbingan seperti ini diadakan setiap tahunnya untuk menjadi bekal di kemudian hari, ketika para santri hendak naik haji sudah merasa mempunyai pengalaman belajar tentang apa itu Manasik Haji….

Semoga kita dikehendaki mampu naik haji, dan menjadi haji yang mabrur… amin…

Tim Kaiffa kwagean

facebooktwittergoogle_plusmail

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *