PRAKTIK ARAH KIBLAT

   4Merupakan salah satu agenda kegiatan Tim Kajian Falakiyyah Pesantren Fathul ‘Ulum yang urgent dalam tahun ini, yaitu Praktik Lapangan menentukan arah kiblat. Hal ini kami prioritaskan karena memang pembelajaran ini sangatlah penting bagi anggota Kajian Falakiyyah khususnya dan para santri keseluruhan pada umumnya.

Bermarkaz di Kwagean Krenceng Kepung Kediri -70 47’ LS 1120 13 BT dengan ketinggian tempat 200 meter dari permukaan laut. Metode yang kami gunakan yaitu Ephimeris dengan menggunakan bayang-bayang matahari dan rincian penggarapannya sebagai berikut :

  1. Sudut Waktu Matahari (to)
  2. Tinggi Matahari (ho)
  3. Azimut Matahari (Azo)

Dalam praktiknya, kami adakan Kursus Makalah Ephimeris dilanjutkan dengan pelatihan (kursus Privat) bagi anggota satu pertemuan dengan membagikan lembar kerja dan mengerjakan bersama-sama pada tanggal dan jam yang ditentukan. Dan untuk kali ini kami menggunakan bayang-bayang matahari jam 8 dan jam 9 WIB.

Setelah persiapan selesai, tepat jam 8 WIB para anggota kajian falakiyyah langsung standby di depan masjid Al-Arif dan mengambil bayang-bayang matahari dengan menggunakan Tiang Bayang Koordinat (TBK). Dikarenakan keadaan matahari yang kurang terang pada pagi itu maka kami lanjutkan dengan mengambil baying-bayang jam 9 WIB di dua titik, yaitu ; depan Gedung Putih dan Depan Asrama tarbiyyah.

Setelah bayang matahari ketemu, kita lanjutkan penggarapan menggunakan segitiga bola dengan rumus Trigonometri (sinus, cosinus dan tangen) yaitu menjadikan bayang matahari sebagai salah satu garis segitiga bola siku-siku dan sudut bayang matahari sebagai arah tunjuk garis timur dan barat bumi (garis katulistiwa). Setelah garis katulistiwa ketemu, maka kita garis dan kita tarik sudut kiblat untuk markaz kwagean, yaitu : 24º 15′ 57,35″ dari Barat ke Utara . dan akhirnya, selesailah praktik kali ini. Dan yang menjadi target penandaan arah kiblat pada praktek kali ini yaitu asrama tarbiyyah induk yang notabene lumayan jauh dari kawasan masjid al-‘arif.

213Demikian laporan dari kegiatan kami, dan alhamdulillah untuk agenda tahun ini, Tim Kajian Falakiyyah telah merampungkan beberapa poin pelatihan. Diantaranya ;

  1. Kursus Hisab Awal Bulan (Metode Risalatul Qomaroin)
  2. Pembuatan kalender 2016 (dalam proses editing corel)
  3. Praktik Rukyah tiap awal bulan
  4. Kursus Arah Kiblat dengan Kompas arah kiblat
  5. Kursus Makalah Ephimeris
  6. Praktik lapangan menentukan arah kiblat

Dan untuk info selanjutnya, Kajian Falakiyyah akan melaksanakan Kursus Panduan membuat Jadual Waktu Sholat, Imsakiah dan Rosdul Kiblat dengan menggunakan metode KITAB DURUSUL FALAKIYYAH yang telah di rangkum dalam Buku ILMU FALAK dengan menggunakan Kalkulator Sain.

Semoga barokah, amin

 

Kwagean, 08 J. Ula 1436 H.

facebooktwittergoogle_plusmail

Comments

comments

2 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *