BENIH KALENDER 2016

PROSES REALISASI KALENDER KWAGEAN

Falakiyyah
Rukyatul Hilal

tahun 2014 belum beranjak pergi, tahun 2015 belum menginjakkan kaki, tapi TIM Kajian Falakiyyah Kwagean telah mulai membuat benih Kalender 2016. ya, memang agenda utama Tim Kajian Falakiyyah ini adalah merealisasikan penyusunan kalender ditiap tahunnya. tidak berbeda pula dengan tahun-tahun sebelumnya, dipertengahan bulan Muharrom ini memang tugas berat kajian falakiyyah dimulai.

dalam berjalannya, kajian ini ditangani oleh 5 orang pengurus dan  dengan dibantu 20 anggota kajian falakiyyah yang diambil dari santri kelas ‘Aliyyah Madrasah diniyyah dan santri kilatan. untuk merealisasikan hasil yang maksimal dalam setiap penggarapan, tim kajian mentargetkan 10 s/d 14 hari pertemuan penggarapan dengan durasi waktu 3 s/d 4 jam ditiap pertemuannya dengan menggunakan dua metode penggarapan yaitu sistem Risalatul Qomaroin dengan buku panduan HISAB AWAL BULAN (HAB) dan sistem Ephimeris. sedangkan yang dipersiapkan untuk membuat kalender ini adalah :

1. Data Kalender Masehi (Syamsiyyah)

2. Data Kalender Asopon

3. Data Kalender Pranoto Mongso

4. Data Kalender Hijriyyah (Qomariyyah) dengan menggunakan 2 sistem penggarapan

5. Data Azimut Bulan dan Matahari

6. Jadwal waktu sholat dan Bu’dul Qiblat

7. Data gerhana bulan dengan menggunakan 2 sistem penggarapan

Setelah proses yang menguras otak ini, tim tidak terburu-buru dalam tahap selanjutnya yaitu finishing. untuk berjalannya tahun kemarin tahapan finishing dilaksanakan pada bulan Jumadil Awwal dan cetak pada akhir bulan Jumadil Akhiroh. dan dalam mode silent bagi tim kafa ini, kami isi dengan kursus, praktik arah kiblat dan Rukyah di tiap awal bulan bagi setiap anggota Tim Kajian Falakiyyah.

selanjutnya hasil dari data-data diatas akan di rekap dalam bentuk Almanak oleh pengurus kajian falakiyyah dan setelah melalui proses editing, Layout, grafis dan koreksi ulang dari bapak-bapak Mushohhih Kajian Falakiyyah dan Pengurus Pesantren Fathul ‘Ulum serta yang paling penting adalah tashih dari Romo Kyai Abdul Hannan Ma’sum. semoga Allah selalu memberikan kesehatan dan umur yang panjang bagi Romo Kyai wa ahli baitihi, amin…  maka setelah proses itu semua kalenderpun siap untuk dicetak.

harapan besar dari kami, semoga hazanah keilmuan falakiyyah yang begitu besar ini dapat dipahami oleh setiap insan santri di Pesantren fathul ‘ulum tercinta ini. sehingga kelak akan bermunculan master-master falakiyyah dari bumi Kwagean ini.

demikian, sedikit uraian kesibukan Fathul ‘Ulum dipertengahan Muharrom ini, serta kami mohon do’a agar dalam proses penggarapan ini selalu mendapatkan taufiq, hidayah dan Inayah dari Allah bagi semua anggota Kajian Falakiyyah Khususnya dan bagi seluruh santri fathul ‘ulum secara umumnya. amin.

facebooktwittergoogle_plusmail

Comments

comments

3 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *